Selasa, 04 November 2008

Sekilas tentang Fengshui

Feng Shui yang berkonotasi dari kata Angin dan Air dulunya di sebut dengan nama Kan Yu yang berarti sebagai berikut :


Kan adalah Jalan dari Langit ( The way of Heaven )


Yu adalah Jalan dari bumi ( The Way of Earth)


Sesungguh di dalam kehidupan sehari hari Feng Shui bisa di aplikasikan dalam 3 tingkatan

1. Internal Level – Mikro Fengshui

2. External Level – Environtmental Fengshui

3. Greater External Level – landform Luantou Fengshui

Pada dewasa ini kebanyakan rumusan fengshui berfokus pada internal level atau aspek internal dari setiap rumah. Sebagai contohnya kita sangat fokus sekali pada peletakan dari pada pintu, ruangan tidur, dapur, aquarium, toilet, tangga dll, semua contoh ini adalah Aplikasi internal dari pada Fengshui.( Mikro Fengshui )


Sistem ataupun rumusan utama pada aplikasi internal Fengshui (Mikro Fengshui) berfokus pada Ba Zai ( Metode 8 Rumah ) ataupun juga Xuan Kong Fei Xing ( Flying Star )


Sesudah kita yakin bahwa pengaturan ruangan dalam (internal aplikasi) sudah sesuai dengan rumus Li Qi ( pergerakan energi ) sekarang kita harus sudah mulai memikirkan bagaimana pengaruh lingkungan di luar terhadap rumah yang kita huni sehari hari. Kebun, jalan setapak di luar rumah, kolam ikan, bentuk bentuk air , pintu pagar adalah contoh aspek eksternal di luar rumah kita dan sesungguhnya faktor – faktor eksternal( Environtmental Fengshui ) tersebut memainkan peran yang sangat besar sekali dalam pembentukan jenis- jenis Qi yang masuk kedalam atau mempengaruhi rumah kita.


Tidak perlu di ragukan bahwa setiap area didalam suatu kota akan mempunyai Energi atau Qi yang berbeda kualitasnya. Beberapa area akan subur dan makmur dan beberapa area akan miskin dan serba kekurangan walaupun sudah kita atur sesuai dengan arah hadap yang sama baik dari internal maupun external fengshui .


Mengapa daerah tersebut menghasil Kualitas dan kuantitas yang berbeda ???????


Ini karena di dalam Fengshui, kita juga harus memperhatikan “Greater External Aplikasi” yang merujuk kepada konsep Makro dari pada Fengshui. Dimana konsep makro Fengshui ini adalah hal yang paling penting didalam merancang suatu bangunan berdasarkan Fengshui. Konsep Makro ini disebut dengan “ Luan Tou Fengshui atau Juga sering disebut dengan “ Landform Fengshui


Tapi banyak orang yang salah persepsi tentang Landform Fengshui ini yang selalu berkonotasi dalam pikiran mereka adalah : Naga hijau di sebelah kiri , Macan Putih disebelah kanan, Kura –kura di belakang dan burung phoenix di depan. Pendapat semacam ini tidak mencerminkan apa itu Land Form atau Luan Tou fengshui.


Didalam pendalaman landform fengshui sesungguhnya, kita harus menganalisa kualitas dari “ Incoming dragon (Lai Long ) , Struktur dari Landform embrace (Sha Shou). Struktur dari air ( Shui Kou ) dan kualitas dari tanah ( Meridian spot ).



Jadi secara sederhana dapat kita simpulkan di dalam Luantou fengshui kita harus menganalisa kualitas dari :

1. Dragon - Naga
2.
Embrace - Pelindung Qi
3. Water - Air
4. Meridian spot - Titik berkumpulnya Qi

Jadi sesungguhnya didalam Fengshui, rumah kita adalah merupakan prototype dari Makro Fengshui , sehingga kita bisa di sebut bersahabat dengan alam atau juga bisa disebut Living in harmony by nature.


Tahapan –tahapan yang perlu dilakukan untuk penganalisaan dan pengauditan suatu fengshui rumah adalah sebagai berikut :

1. Makro konsep( Luan Tou fengshui ) dari Lingkungan rumah kita


2. Eksternal faktor ( Environtmental Fengshui) dari rumah kita


3. Internal faktor ( Mikro Fengshui ) dari rumah kita


Jadi sesungguhnya rumah kita yang menyesuaikan diri dengan lingkungan dan alam sekitar bukan alam dan lingkungan menyesuaikan diri terhadap rumah kita.


Jakarta, 29 Oktober 2006

Ir. Gunadi Widjaja

Tidak ada komentar: