Minggu, 16 November 2008

Festival Internasional Bergen 2008

Festival Internasional Bergen tahun ini, Nordic Impulses, yang berlangsung mulai tanggal 21 Mei hingga 4 Juni, diwarnai dengan berbagai program menarik. Festival Internasional Bergen melibatkan berbagai ekspresi budaya, mulai dari musik, teater, literature dan tari hingga visual arts.

09/06/2008 :: Per Boye Hansen, artistic and managing director berupaya menjadikan festival ini sebagai tempat pertemuan artis Nordic, dan berbagai program yang bertujuan memberikan input dalam konteks internasional yang lebih luas. Festival Internasional Bergen mendapat pengakuan luas sebagai salah satu acara budaya paling penting di Eropa.

Tiga buah komposisi khusus akan dipertunjukkan dalam Festival Internasional tahun ini.

Lasse Thoresen, lahir pada tahun 1949, merupakan pengusung musik elektro-akustik Norway yang paling terkemuka. Ia mendapatkan inspirasi dari musik rakyat Norwegia dan komposer Norwegia Fartein Valen. Komposisi Thoresen berjudul Solbøn akan ditampilkan untuk pertama kalinya.

Magnus Lindberg, dilahirkan pada tahun 1958, mengenyam pendidikan di Sibelius Academy di Helsinki dan termasuk dalam kelompok modernis Eropa. Musik karyanya dimulai dengan seting perkotaan, mencerminkan detak dan ritme kehidupan kota. Komposisinya, Trio untuk piano, cello dan clarinet akan ditampilkan untuk pertama kalinya.

Ričardas Kabelis, dilahirkan pada tahun 1957, mengenyam pendidikan di Lithuanian Academy of Music and Theatre, menyelesaikan gelar PhD pada tahun 1989. Spesialisasinya adalah musik elektronik dan computer. Karyanya untuk kuartet string dan biola Hardanger juga akan ditampilkan untuk pertama kalinya di Bergen.

Ketiga komposer tersebut akan tampil dalam festival tahun ini.

Pada malam pembukaan konser, ditampilkan pertunjukkan opera L’amor de loin (Love from afar), yang pertama kali dipentaskan pada tahun 2000. Naskah opera ditulis oleh Kaija Saariaho dari Finland, sementara kata-kata ditulis oleh novelis and penulis esai keturunan Perancis_Libanis, Amin Maalouf. Konser ini merupakan proyek kerja sama antara Den Nye Opera dan Bergen Philharmonic Orchestra.

Dalam seri sembilan konser, musisi Bjarte Eike akan menampilkan karya utama dari masa Baroque, termasuk komposisi oleh Giovanni Gabrieli dan Claudio Monteverdi.

Direktur Catalan, Calixto Bieito untuk ketiga kalinya turut berpartisipasi dalam festival ini, dan tahun ini dengan memproduksi karya Henrik Ibsen: Brand on Den Nasjonale Scene (the National Venue of Theatre, Bergen). Aktor Norwegia Sven Nordin memainkan Brand, dalam karya yang dianggap sebagai salah satu karya terpenting Ibsen.

Tahun ini merupakan ke-56 kalinya Festival Internasional Bergen diselenggarakan, dan merupakan festival terbesar di wilayah Nordic. Susunan acara dan program dapat dilihat di situs Festival.

Tidak ada komentar: